Konfigurasi Mail Client Dengan Thunderbird






Assalamu'alaikum Wr Wb, 

Kali ini saya akan melanjutkan materi dari Mail server di Windows Server, yaitu Konfigurasi Mail Client dengan Thunderbird. 

Sebelum kita mengkonfigurasi, pastikan kalian sudah mengkonfigurasi Mail Server pada Windows Server kalian. Untuk caranya, kalian bisa lihat pada Lab saya yang sebelumnya >> DISINI


Oke, sekarang kita lanjut ke tahap konfigurasi :


Instalasi Thunderbird

1). Pertama, buka aplikasi Thunderbird yang sudah kalian download, kemudian lakukan installasi. Pada step ini hanya berisi informasi mengenai installasi, klik Next saja.





2). Lalu kita pilih tipe installasi Thunderbird, pada step ini kita pilih tipe Standard, kemudian klik Next.




3). Pada step ini berisi ringkasan mengenai lokasi tempat penyimpanan installasi Thunderbird. Klik Install untuk melanjutkan installasi.




4). Installasi Thunderbird selesai, klik Finish






Konfigurasi Thunderbird

1). Pertama, kita buka aplikasi Thunderbird, maka akan muncul tampilan welcome seperti gambar dibawah ini. Disini kita akan menambahkan akun untuk user. Karena kita sudah mempunyai akun user, maka kita klik tombol Skip this and use my existing email.




2). Masukkan username dan password untuk akun usernya. Disini saya memasukkan akun user ivanadhitya beserta email address dan passwordnya. Setelah semua data dimasukkan, klik Continue




3). Proses penambahan akun user sedang berlangsung, kita tunggu beberapa saat.



4). Penambahan akun user telah selesai, klik Done




5). Kemudian akan muncul jendela peringatan seperti gambar dibawah. Centang I understand the risks, lalu klik Done




6). Maka akun user ivanadhitya sudah berhasil ditambahkan dalam thunderbird.




7). Sekarang kita akan menambah akun user yang kedua, yaitu akun user dengan nama ivanfrost. Caranya klik Options >> Account Settings.



8). Lalu klik Account Actions >> Add Mail Account...



9). Masukkan username dan password untuk akun usernya. Disini saya memasukkan akun user ivanfrost beserta email addressnya dan passwordnya. Setelah semua data dimasukkan, klik Continue.




10). Penambahan akun user ivanfrost telah selesai, klik Done



11). Kemudian akan muncul jendela peringatan seperti pada gambar dibawah. Centang I understand the risks, lalu klik Done.



12). Maka akun user ivanfrost telah ditambahkan dalam thunderbird. Dan sekarang kita sudah menambahkan dua akun yang berbeda di thunderbird



13). Sekarang kita akan coba mengirim pesan menggunakan salah satu user. Klik Write >> Message.



14). Disini user ivanadhitya akan mengirim pesan ke user ivanfrost. Masukkan mail from dengan email pengirim dan mail to dengan email penerima, kemudian masukkan pesan yang akan dikirim. Setelah semua di isi, klik Send untuk mengirim pesan.



15). Sekarang kita buka inbox pada user ivanfrost. Maka akan terdapat pesan yang dikirim oleh user ivanadhitya. Klik pesan tersebut untuk membaca pesannya.




Mungkin cukup sekian untuk postingan saya kali ini, Dan materi mail server ini masih ada lanjutannya lagi, jadi tunggu aja postingan saya yg selanjutnya..

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Comments

Popular posts from this blog

Spesifikasi Minimum (Minimum Requirements) Windows Server 2012

Pengertian Port Dan Contohnya

Troubleshooting Jaringan