Troubleshooting Jaringan



Assalamu'alaikum Wr Wb, 

Kali ini saya akan sharing materi tentang Troubleshooting jaringan yang kebetulan juga, materi ini merupakan tugas yang diberikan oleh guru saya. 

Dan berikut adalah materi yang akan dibahas :
  • Permasalahan jaringan yang ada pada lapisan fisik LAN dan solusinya
  • Standar pengkabelan EIA 586
  • Pengujian kabel pada jaringan
  • Permasalahan jaringan yang ada pada lapisan-lapisan OSI Layer dan solusinya


Permasalahan jaringan yang ada pada lapisan fisik LAN dan solusinya


1. Ada icon network connection tetapi tanda silang merah 


Penyebabnya bisa jadi susunan kabel UTP salah, atau biasanya type kabel yang digunakan tidak sesuai dengan tipe koneksi (contoh : untuk menghubungkan pc dengan switch perlu kabel straight tapi malah dihubungkan dengan kabel cross), kabel UTP belum di colok (unplug), Kabel sudah dicolokkan tetapi HUB / SWITCH belum dinyalakan.

Solusi : Periksa rangkaian kabel apakah sudah sesuai dengan jenis koneksi yang diperlukan, cek juga apakah switch sudah menyala atau belum



2. Ada Icon Network Connection, tetapi berputar-putar terus


Penyebabnya bisa jadi client tidak mendapat IP dari server atau client belum mengatur IP yang satu network dengan server, atau bisa juga client belum terkoneksi lewat kabel.
Solusi : Jika server memberikan layanan DHCP, pastikan client sudah mengatur agar settingan IP nya menjadi DHCP, kalau tidak ada layanan DHCP nya,  Atur IP sendiri dan IP tersebut harus 1 network dengan network IP server



3. Ada Icon Network Connection, tetapi tidak dapat Connect pada Internet


Penyebab : Jika jaringan secara fisik sudah terhubung dengan baik, maka ada kemungkinan server gagal memberikan IP ke network atau terjadi IP conflict ( kesamaan IP Address pada satu jaringan)
Solusi : Jika IP diberikan secara manual, maka ganti IP tersebut dengan IP Address yang lain





Standar Pengkabelan EIA 586

Setiap kawat didalam kabel jaringan memiliki fungsi yang berbeda sehingga kita tidak bisa asal crimping saja. Ada dua standart pengkabelan yang paling sering digunakan yaitu : EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 568B, dengan cara mengurutkan sususan kabel berdasarkan warna. 


EIA/TIA 568A
Susunan kabel dengan standart EIA/TIA 568A dimulai dengan kabel berwarna putih hijau. maka susunan kabel akan menjadi seperti berikut :
1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange

4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange
7. Putih Coklat
8. Coklat 





EIA/TIA 568B
Susunan kabel dengan standart EIA/TIA 568B dimulai dengan warna putih orange. Urutan lengkap kabel dengan standart ini seperti berikut :
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat




Kabel Cross & Straight


Pada saat kita bicara tentang pengurutan pin kabel jaringan, tentu sebutan Crossover dan Straight seringkali kita dengar. Kabel straight merupakan kabel yang ujung awal dengan ujung akhir kabel memiliki urutan pin yang sama. Contoh kabel straight dengan standart pengurutan pin EIA/TIA 568B 





Maka ujung depan dengan ujung belakang sama - sama memiliki susunan pin EIA/TIA 568B. Kemudian untuk kabel cross, yang sesuai namanya artinya susunan pin berlawanan, atau berseberangan.





Pengujian kabel pada jaringan


Cara Menguji Jaringan LAN Terhubung atau Tidak :

1. Menguji Jaringan Secara Hardware :
  • Perhatikan lampu indikator NIC nya. kalau warnanya hijau maka jaringan sudah benar.
  • Perhatikan lampu indikator di hub atau switch apabila menyala maka jaringan sudah jalan.
  • Teslah kabel jaringan dengan tester, apabila warna-warnanya aktif dan berturut-turut maka kabel jaringan sudah benar

2. Menguji Jaringan Secara software :
  • Find computer pada neighbourhood, indikasi bola telah terhubung adalah akan ditemukan computer name yang sesuai dengan pencarian jika computer namenya benar.
  • Double klik pada icon neighbour, jika muncul komputer name selain computer name milik kita sendiri, maka jaringan sudah berfungsi dengan benar
  • Windows eksplorer pada drive network neighbourhood muncul computer name selain milik kita sendiri
  • Ping IP Address komputer lain , jika mendapat balasan pengiriman data dari komputer yang kita hubungi tersebut, maka komputer itu sedang aktif dan dalam sistem jaringan yang sama dengan komputer kita 



Permasalahan jaringan yang ada pada OSI Layer dan solusinya


Troubleshooting Model OSI

Dalam setiap skenario troubleshooting, prosedur pemecahan masalah dasar meliputi langkah-langkah berikut:

1. Mengidentifikasi dan memprioritaskan solusi alternatif.
2. Pilih salah satu alternatif sebagai solusinya.
3. Mengimplementasikan solusi.
4. Mengevaluasi solusi.

Model OSI  dapat  digunakan  sebagai  pedoman  untuk  pemecahan masalah. Dalam menggunakan model  berlapis, ada  tiga  pendekatan  pemecahan masalah  yang  berbeda  dan teknisi  dapat  gunakan  untuk mengisolasi masalah:

1. Bottom-Up  – Pendekatan  bottom-up  dimulai  dengan  komponen  fisik  dari  jaringan  dan  bekerja  dengan cara naik  lapisan dari model OSI. Pemecahan masalah bottom-up merupakan pendekatan yang efektif dan efisien untuk tersangka masalah fisik.
2. Top-Down – Pendekatan top-down dimulai dengan aplikasi pengguna dan bekerja dengan cara menuruni lapisan  dari  model  OSI.  Pendekatan  ini  dimulai  dengan  asumsi  bahwa  masalahnya  adalah  dengan aplikasi dan bukan infrastruktur jaringan.
3. Divide-and-Conquer - digunakan  oleh  teknisi  jaringan  lebih  berpengalaman.  Teknisi membuat  tebakan menargetkan  lapisan  masalah  dan  kemudian  berdasarkan  hasil  pengamatan,  bergerak  ke  atas  atau bawah lapisan OSI.




Metode paling awal adalah memeriksa di bagian berikut :

Layer 1  Troubleshooting

Layer 1 berkaitan dengan konektivitas fisik dari perangkat jaringan. Permasalahan layer 1 sering melibatkan kabel dan listrik, dan merupakan alasan untuk memanggil help desk. Beberapa masalah umum pada layer 1 meliputi :
  • Daya perangkat mati
  • Daya perangkat dicabut
  • Koneksi jaringan kabel yang longgar
  • Jenis kabel yang salah
  • Kabel jaringan yang rusak
  • Titik akses nirkabel rusak
  • Pengaturan nirkabel yang salah, misalnya SSID
  Untuk memecahkan masalah pada Layer 1, periksa dulu bahwa semua perangkat  listrik  telah menyala. Hal ini mungkin menjadi  solusi  yang  jelas, tetapi  banyak  sekali  orang  yang melaporkan masalahnya dan mungkin mengabaikan  perangkat  yang  berada  dalam  jalur  jaringan  dari  sumber  ke tujuan.  Jika  ada  LED yang  menampilkan  status  keterhubungan,  mem-verifikasi  dengan  pelanggan  bahwa  mereka  sedang menandakan secara benar. 
  Secara visual memeriksa semua pemasangan kabel jaringan dan menyambung kembali kabel untuk memastikan koneksi yang benar. Jika masalahnya adalah dengan nirkabel, pastikan titik akses nirkabel operasional dan bahwa pengaturan nirkabel dikonfigurasi dengan benar.
 Ketika sedikit troubleshooting suatu masalah, teknisi harus menasihati pemanggil melalui setiap langkah, apa yang harus dicari, dan apa yang harus dilakukan jika kesalahan ditemukan. Jika itu ditentukan bahwa semua Layer 1 terbitan telah ditujukan, sekarang saatnya untuk bepergian keatas, model OSI ke Layer 2. Ketika sedikit troubleshooting suatu masalah,  teknisi harus segera memberi tahu penelepon dalam melewati setiap  langkah, apa yang harus dicari, dan apa yang harus dilakukan jika suatu kesalahan ditemukan.


Layer 2 Troubleshooting

Masalah pada Layer 2 dapat disebabkan oleh peralatan yang rusak, driver perangkat yang salah, atau switch salah dikonfigurasi. Ketika  troubleshooting suatu masalah, mungkin  sulit  untuk mengisolasi masalah  pada layer 2.

Seorang  teknisi  on-site  dapat memeriksa  apakah NIC  terinstal  dan  bekerja dengan  benar. Reseting NIC, atau mengganti NIC rusak dapat membantu untuk mengisolasi masalah. Proses yang sama dapat dilakukan dengan switch jaringan.


Layer 3 Troubleshooting

Pada Layer 3, teknisi perlu menyelidiki pengalamatan logis digunakan dalam jaringan, seperti skema alamat IP.  Jika  jaringan  menggunakan  alamat  IP, teknisi  bisa memverifikasi  bahwa  perangkat  tersebut  memiliki pengaturan yang tepat, seperti:
  • Alamat IP dalam jaringan yang ditetapkan
  • Subnet mask yang benar
  • Default gateway yang benar
  • Pengaturan lain yang diperlukan, seperti DHCP atau DNS
Pada Layer 3, beberapa utilitas dapat membantu proses pemecahan masalah. Tiga command  line yang paling umum adalah :
  • ipconfig – Menunjukkan pengaturan IP pada komputer
  • ping – Tes konektivitas jaringan dasar
  • Tracert – Melihat jalur routing antara sumber dan tujuan tersedia
Kebanyakan masalah jaringan biasanya dapat diatasi dengan menggunakan teknik Troubleshooting Layer  1,  2,  dan  3.


Layer 4 Troubleshooting

Jika dari Layer 1 sampai 3 beroperasi secara normal dan teknisi berhasil ping alamat  IP  dari  server  jauh,  sekarang  saatnya  untuk  memeriksa lapisan yang  lebih  tinggi.  Sebagai contoh, suatu firewall jaringan digunakan di sepanjang alur, penting untuk memeriksa bahwa aplikasi TCP atau UDP port terbuka dan tidak ada filter mendaftar sedang menghalangi lalu lintas ke port tersebut.


Layer 5 -7 Troubleshooting

Teknisi juga harus memeriksa konfigurasi aplikasi. Sebagai contoh, jika troubleshooting suatu email, pastikan bahwa  aplikasi  yang  dikonfigurasi    bisa mengirim  dan  menerima  informasi  server  email.  Hal  ini  juga diperlukan untuk memastikan bahwa resolusi nama domain berfungsi seperti yang diharapkan.



Sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat...

Wassalamu'alaikum Wr Wb. 
















Comments

Popular posts from this blog

Spesifikasi Minimum (Minimum Requirements) Windows Server 2012

Pengertian Port Dan Contohnya