Konfigurasi Mail Client Dengan Windows Mail




Assalamu'alaikum Wr Wb, 

Pada kesempatan kali ini, saya akan posting materi tentang Windows Server, postingan ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya, yaitu Konfigurasi Mail Server pada Windows Server 2012, dan sebelum mempraktekkan tutorial di postingan ini, kalian harus mengkonfigurasi Mail Server pada Windows Server terlebih dulu. Untuk caranya, kalian bisa lihat >> DISINI

Karena pada Windows Server masih belum ada Windows Mail nya, maka dari itu saya harus menginstall manual Windows Mail tersebut. Disini saya menggunakan Windows Live Essential 2009. Dan berikut adalah link downloadnya >> DISINI

Sekarang kita masuk ke langkah konfigurasi :


Instalasi Windows Mail

1). Pertama, kita jalankan installer Windows Live, maka nanti akan muncul Lisensi agreement, klik Accept untuk menyetujui Lisensi agreement tersebut




2). Karena disini kita hanya butuh fitur Mailnya saja, maka dari itu kita beri centang hanya pada Mail saja kemudian klik Install




3). Tunggu sampai proses instalasi nya selesai




4). Lalu akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini, langsung saja klik Continue




5). Proses install selesai, klik Close






Konfigurasi Windows Mail

1). Pertama, kita jalankan aplikasi Windows Mail nya




2). Setelah itu pada Email Address isikan dengan email dari user yang telah kalian buat pada hMail Server, kemudian masukan passwordnya pada kolom Password, untuk Display Name nya, itu bebas apa saja namanya, setelah itu beri centang pada Manually configure server settings for e-mail account




3). Lalu pada incoming mail server pilih IMAP, kemudian dibawahnya isikan address dari server mail. Pada Login ID isikan dengan email dari user yang dibuat di hmailserver, dan pada Outgoing Server isikan pula dengan IP address dari server mail




4). User sudah berhasil ditambahkan, klik Finish




5). Selanjutnya, kita tambahkan juga user kedua nya. Caranya dengan klik Add e-mail account pada bagian kiri bawah




6). Untuk penambahan usernya, caranya sama saja seperti pada user yang pertama tadi




7). Disini juga sama seperti pada user pertama.




8). Akun sudah berhasil ditambahkan, klik Finish




9). Dan sekarang kita coba untuk mengirim pesan, klik New dan pilih E-mail message



10). Pada From, isikan dengan email pengirim nya, To merupakan nama dari penerima email yang akan dikirim ini, kemudian isikan teks email tersebut. Jika sudah, klik Send untuk mengirim email 




11). Sekarang kita coba cek pada user kedua, apakah ada email sudah masuk dari user pertama. Dan ternyata email nya sudah berhasil masuk dan terkirim ke user kedua... Yeyy :v





Oke, mungkin cukup sekian untuk postingan saya kali ini, semoga bermanfaat..

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Comments

Popular posts from this blog

Spesifikasi Minimum (Minimum Requirements) Windows Server 2012

Pengertian Port Dan Contohnya

Troubleshooting Jaringan