Perbedaan Windows Server 2012 Standard Edition dengan Windows Server 2012 Data Center Edition


Perbedaan Windows Server 2012 Standard Edition dengan Windows Server 2012 Data Center Edition 




   Windows Server 2012 merupakan sistem operasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft setelah Windows Server 2008 dan Windows Server 2012. Hampir sama dengan Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012 hanya diproduksi dalam arsitektur 64-bit.


  Saat menginstall Windows Server 2012, anda bisa memilih apakah menginstall menggunakan Graphical User Interface (GUI), atau Server Core (CLI). Server Core lebih baik dari segi keamanan system , namun bagi anda yang baru mempelajari Windows Server, sebaiknya anda menginstall Windows Server yang menggunakan GUI.


     Salah satu kelebihan Windows Server 2012 dengan Windows Server versi sebelumnya adalah , anda dapat berpindah dari Server Core (CLI) ke GUI dan sebaliknya, dimana pada Windows Server versi sebelumnya anda harus menginstall ulang server jika ingin melakukan hal itu.



    Adapun Spesifikasi Minimum Komputer yang ingin diinstall dengan Windows Server 2012 adalah :

  •  1.4 GHz 64-bit processor
  •  512 MB RAM atau lebih tinggi
  •  32 GB Hard Disk
  •  DVD drive
  •  Super VGA (800 x 600) atau lebih tinggi.
  •  Keyboard and mouse
  •  Akses Internet 

 Perbedaan antara satu edisi dengan edisi lainnya terletak pada lisensi, fitur dan harga


     Windows Server 2012 Standard Edition

 Windows Server Edisi Standard sebenarnya memiliki semua fitur yang ada pada edisi Datacenter, perbedaannya hanya ada pada pembatasan jumlah lisensi Virtual Machine yang diberikan, yaitu hanya dua lisensi virtual.
 Windows Server Standard Edition ini memiliki dua jenis yaitu yang CLI dan GUI dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing dan berikut adalah tampilan Windows Server 2012 Standard Edition :

Versi CLI




Versi GUI





   
   Windows Server DataCenter Edition

 Edisi ini dibuat untuk server fisik yang mampu mengenali resource hingga 64 processor. Edisi ini cocok untuk perusahaan besar terutama untuk Data Center. Windows Server 2012 Datacenter hanya tersedia untuk Microsoft Volume Licensing Program dan Original Equipment Manufacturers (OEMs). Windows Server edisi ini memiliki unlimited lisensi virtual.Edisi ini juga memiliki dua versi yaitu CLI dan GUI.Dan berikut adalah tampilannya:


Versi CLI





Versi GUI





Berikut adalah gambar perbedaan Windows Server 2012 Standard dan DataCenter :


Kesimpulannya Windows Server 2012 Standard  sebenarnya memiliki semua fitur yang ada pada edisi Datacenter, perbedaannya hanya ada pada pembatasan jumlah lisensi Virtual Machine yang diberikan, yaitu hanya dua lisensi virtual.sedangkan Windows Server 2012 Data Center mampu mengenali resource hingga 64 processor dan Windows Server edisi ini juga memiliki unlimited(Tidak Terbatas) lisensi virtual.



Sekian penjelasan singkat dari saya , Wassalamualaikum wr.wb. 









   




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Spesifikasi Minimum (Minimum Requirements) Windows Server 2012

Pengertian Port Dan Contohnya

Troubleshooting Jaringan